BAB
1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Dalam keadaan
perekonomian yang semakin sulit ini banyak terjadi persaingan diberbagai bidang
kehidupan, termasuk didalamnya persaingan dalam dunia bisnis. Banyak perusahaan
yang saling berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar, sehingga hal ini memacu
perusahaan untuk berusaha terus maju dalam memperbaiki
bisnisnya. Disamping
itu dengan adanya kemajuan teknologi, perusahaan dituntut pula untuk dapat
mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal dengan yang lainnya.
Perusahaan dalam memasarkan barang dan
jasa selalu dihadapkan pada pertanyaan, mengapa konsumen membeli
barang atau jasa tertentu? jawabannya
tidak dapat diterangkan secara langsung dari pengamatan saja, tetapi dibutuhkan
analisa perilaku konsumen yang lebih mendalam. Hal ini akan banyak membantu
bagi manajer pemasaran untuk
memahami mengapa dan bagaimana perilaku konsumen
tersebut, sehingga perusahaan dapat mengembangkan, menentukan harga,
mempromosikan, dan mendistribusikan barangnya secara baik (Swasta, 2000 : 13).
Dengan analisa perilaku konsumen ini, perusahaan akan mempunyai pandangan yang
lebih luas dan akan lebih mengetahui kesempatan baru yang berasal dari belum
terpenuhinya kebutuhan konsumen.
Dengan semakin
banyaknya usaha depot air minum isi ulang akan menuntut kejelian pihak
perusahaan melihat pergeseran dan perubahan keinginan serta kebutuhan para
konsumen membuat perusahaan kewalahan dalam menyusun strategi untuk memenangkan
persaingan dalam dunia bisnis yang
diakibatkan kemajuan zaman. Dimana kepuasan konsumen sangat diutamakan sehingga
dapat memperoleh keuntungan yang diharapkan untuk membiayai kelangsungan operasi
perusahaan.
Peranan air minum isi
ulang semakin besar, hal ini terlihat dengan semakin bertambahnya jumlah usaha
air minum isi ulang dimana -
mana. Sehingga persaingan sesama perusahaan air minum isi ulang semakin tajam. Peningkatan
penduduk yang dibarengi dengan meningkatnya kebutuhan hidup dengan memberikan
lapangan pekerjaan atau bisnis baru. Salah satu contoh bisnis yang mempunyai
prospek yang baik adalah bisnis dalam
bidang penjualan air minum isi ulang. Keadaan yang berlaku kini bukan lagi
pasar penjual, tetapi menjadi pasar pembeli dimana penjual mencari pembeli. Konsumen dalam hal ini
raja yang harus dilayani dengan baik.
Hal yang perlu diperhatikan
dalam memberikan layanan adalah mendengar suara konsumen dan berusaha mengikuti apa yang diinginkan oleh pelanggan,
hal ini berarti perusahaan harus melakukan interaksi dengan konsumen dengan
maksud untuk memperoleh umpan balik ( feed back ) beberapa
tanggapan konsumen tentang sarana dan prasarana
yang berhubungan dengan layanan
yang berkualitas sebagai kontrol dan ukuran keberhasilan.
SANJAYA
sebagai usaha air minum isi ulang dituntut mampu meningkatkan kualitas layanannya seiring dengan
terjadinya berbagai perubahan, baik internal maupun eksternal. Oleh karena itu, dalam
rangka peningkatan kualitas layanan ditetapkan beberapa prinsip utama yang menjadi landasan
pengelolaan perusahaan. Prinsip utama landasan pengelolaan kualitas layanan
yaitu:
1. Fokus pada orang
terutama karyawan.
2. Fokus pada pelanggan
3. Pengembangan manajemen
informasi.
Berikut adalah
data tabel hasil penjualan depot air minum isi ulang SANJAYA
Tabel 1.1 Hasil
Penjualan Depot Air Minum Isi Ulang SANJAYA
Periode
|
Penjualan
|
Juni 2010-
Desember 2010
|
12.600.000
|
Januari
2011-Juni 2011
|
11.785.000
|
Juli 2011-
Desember 2011
|
11.450.000
|
Januari
2012-Juni 2012
|
10.245.000
|
Juli
2012-Desember 2012
|
10.122.000
|
Januari2013
-Juni 2013
|
9.987.000
|
Juli 2013 -
Desember 2013
|
9.567.000
|
Sumber : Depot Air Minum Isi Ulang SANJAYA
Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa
penjualan depot air minum isi ulang SANJAYA mengalami penurunan yang disebabkan
oleh tingkat pertumbuhan penjualan yang belum memadai akibat rendahnya pertumbuhan pelanggan
Rendahnya pertumbuhan
pelanggan salah satu penyebabnya yaitu karena adanya komplain dari pelanggan. Berikut
adalah beberapa fakta komplain pelanggan terhadap depot air minum isi ulang SANJAYA diantaranya yaitu tidak adanya jaminan
atas kerusakan galon pelanggan serta adanya karyawan yang kurang ramah pada
pelanggan. Kemungkinan besar pelanggan yang kurang puas akan menceritakan
pengalaman mereka mengenai kualitas layanan yang diberikan oleh depot air minum
isi ulang SANJAYA. Data yang mencerminkan komplain cukup tinggi dari pelanggan
adalah ketidakpuasan terhadap kualitas layanan depot air minum isi ulang SANJAYA.
Sehubungan dengan hal
tersebut maka perlu dilakukan penelitian dengan judul “Analisis
Pengaruh
Dimensi Kualitas Layanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Pada
Depot Air Minum Isi Ulang SANJAYA
Kendari”
1.2. Permasalahan
Berdasarkan
uraian dalam latar belakang, maka permasalahan penelitian ini adalah apakah dimensi
kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen
pada depot air minum isi ulang SANJAYA
Kendari?
1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan dari
penelitian adalah untuk
mengetahui pengaruh dimensi
kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen
pada depot air minum isi ulang SANJAYA
Kendari.
1.4.
Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan
dalam penelitian ini adalah :
1.
Secara Akademis
Hasil
penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan ilmiah bagi pengembangan
ilmu pengetahuan khususnya ilmu pemasaran, tentang bagaimana sebuah perusahaan merespon
perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan dunia usaha dengan cara meningkatkan kualitas layanan
2.
Untuk Perusahaan
Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk depot air minum isi ulang SANJAYA, sebagai bahan acuan bahwa dimensi kualitas layanan
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen
3.
Untuk Penulis
Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penulis
sendiri untuk memperoleh pengalaman belajar dalam penelitian yang realistis dan
memperluas wawasan serta pengembangan keilmuan pada masa yang akan datang.
1.5. Ruang Lingkup
Untuk lebih terarahnya pembahasan dalam penelitian ini, maka penulis
akan membatasi ruang lingkup pembahasan dimensi analisis kualitas layanan pada
depot air minum isi ulang SANJAYA yaitu : Keandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiviness) Jaminan (Assurance),
Perhatian (Emphaty), Bukti fisik (Tangibles) serta kepuasan pelanggan pada depot air minum isi ulang SANJAYA yaitu
perbandingan antara kinerja yang diberikan oleh depot air minum isi ulang SANJAYA
dengan harapan yang diinginkan pelanggan depot air minum isi ulang SANJAYA.
JackpotCity Casino site | Live Online UK Casino Sites
BalasHapusJackpotCity is a UK based online casino that operates from its own website, JackpotCity Online Casino Review Sign up now and get luckyclub.live up to £30 free and up to £1000.